Cara Praktis Membuat Nasi megono khas pekalongan Lezat

Nasi megono khas pekalongan. Nasi Megono Pekalongan Dengan Sapitan + Sambal. Umumnya, Nasi Megono akan dibungkusi menggunakan daun pisang dengan ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa. Kemudian kamu bebas memilih lauk yang dihidangkan, ada Sapitan, Sate keong, Sate Usus, Sate Puyuh, Udang, Pepes dan yang pasti adalah Tempe Goreng.

Nasi megono khas pekalongan Namun, pada kesempatan kali ini, aku akan membahas. Resep Nasi Megono – Selain terkenal dengan batiknya, Pekalongan juga kreatif dalam mengolah kulinernya. Buat anda yang sering melakukan traveling tentunya pernah mencoba nasi megono, makanan khas kota batik Pekalongan. Kamu bisa membikin Nasi megono khas pekalongan using 5 bahan dan cara membuat 4. Berikut ini adalah cara meresep nya.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Nasi megono khas pekalongan

  1. Campurkan 500 gram dari Nangka Muda.
  2. Campurkan 1/2 biji dari Kelapa muda parut.
  3. Campurkan dari Bumbu halus (Bawang merah, putih., laos, ketumbar, kencur,jahe).
  4. Tambahkan dari Bumbu tambahan : cabe, daun salam, pete, daun mlinjo, sereh.
  5. Campurkan dari Gula, garam, kaldu bubuk, trasi bakar.

Selain rasanya yang unik dan enak, kuliner ini juga terkenal bagi masyarakat di sekitar Jawa bagian Tengah. Nasi megono sebenarnya juga cukup dikenal di daerah Batang dan Pemalang, namun selama ini memang lebih identik dengan Pekalongan. Bagi yang belum tahu, nasi megono adalah nasi putih biasa yang disajikan bersama dengan olahan nangka muda yang disebut megono. Bahan bakunya sama dengan gudeg, namun cara mengolahnya berbeda.

Cara Cara Membuat Nasi megono khas pekalongan

  1. Potong2 kecil nangka muda terus masukan ke foodProsesor klu sy pakae blender bumbu puter dg pelan2.
  2. Tambahkan bumbu halus dan bumbu pelengkap yang telah di iris2 dg kelapa, lalu urap dengan nangka mudanya.tambahkan garam, kaldu bubuk ayam, terasi bakar yang sudah di haluskan dan sekit gula pasir..
  3. Kukus selama 25-30menit….
  4. Icip2 rasa….megono khas pekalongan siap di hidangkan bersama nasi putih anget dan ikan asin..

Iyaps, nasi megono adalah salah satu kuliner khas kota Pekalongan. Dari asal katanya nasi megono terdiri dari kata "mergo" dan "ono", mergo sendiri artinya serba dan ono artinya ada. Jadi secara artikulasi artinya nasi serba ada. Maksudnya nasi dengan lauk serba ada (mungkin) hehehe. Nasi megono ini terbuat adari nangka muda yang.