Resep Nasi Megono Yang Enak

Nasi Megono. Nasi megono ( bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦩꦼꦒꦤ, translit. Sega megana ) adalah makanan khas dari daerah pantura Jawa Tengah. Makanan ini biasa ditemukan dan sangat familiar di daerah Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, sampai Kabupaten Pemalang.

Nasi Megono Di daerah Pantai Utara Jawa, makanan ini merupakan sesaji persembahan kepada Dewi Sri, supaya hasil panen melimpah dan rakyat hidup makmur. Nasi megono (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦩꦼꦒꦤ, translit. Sega megana) adalah makanan khas dari daerah pantura Jawa Tengah. Kamu bisa membuat Nasi Megono using 11 bahan dan cara membuat 3. Berikut ini adalah cara meresep dengan praktis.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Nasi Megono

  1. Campurkan 3 dari centong nasi.
  2. Tambahkan Secukupnya dari sayuran, potong-potong, rebus setengah matang.
  3. Persiapkan Secukupnya dari kelapa parut.
  4. Tambahkan 2 lembar dari daun jeruk.
  5. Campurkan 3 buah dari cabai merah, jika ingin pedas bisa ditambah.
  6. Persiapkan 2 siung dari bawang putih.
  7. Tambahkan 2 sdm dari teri udang, goreng.
  8. Tambahkan Sedikit dari kencur.
  9. Campurkan Sedikit dari garam.
  10. Campurkan Secukupnya dari gula merah.
  11. Tambahkan Sedikit dari Micin (bisa diskip).

Makanan ini biasa ditemukan dan sangat familiar di daerah Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, sampai Kabupaten Pemalang. Megono berasal dari daerah Kota Pekalongan, karena makanan ini paling banyak ditemukan di warung-warung sepanjang jalan di Pekalongan. Nasi Megono Pekalongan Dengan Sapitan + Sambal. Umumnya, Nasi Megono akan dibungkusi menggunakan daun pisang dengan ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Langkah Langkah Membuat Nasi Megono

  1. Haluskan bawang putih, cabai, garam, dan daun jeruk. Tambahkan gula merah, haluskan kembali. Tambahkan teri udang yang sudah digoreng dan kelapa parut. Campurkan hingga rata..
  2. Tiriskan sayuran yang sudah direbus setengah matang. Campurkan dengan bumbu kelapa dan nasi. Aduk rata. Tanak lebih kurang 10 menit. Angkat. Sajikan..
  3. Lebih nikmat dinikmati dengan ikan asin yang digoreng garing / telur rebus / tempe goreng tepung atau mendoan panas 👌😋.

Kemudian kamu bebas memilih lauk yang dihidangkan, ada Sapitan, Sate keong, Sate Usus, Sate Puyuh, Udang, Pepes dan yang pasti adalah Tempe Goreng. Nasi Megono adalah makanan khas dari daerah pantura Jawa Tengah. Makanan ini biasa ditemukan dan sangat familiar di daerah Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, sampai Kabupaten Pemalang. Megono berasal dari daerah Kota Pekalongan, karena makanan ini paling banyak ditemukan di warung-warung sepanjang jalan di Pekalongan. Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki sajian nasi khas yang bisa dinikmati dengan aneka lauk pauk yang khas pula.