Cara Mudah Membuat Nasi Ulam Betawi ๐Ÿ› Cita Rasa Tinggi

Nasi Ulam Betawi ๐Ÿ›. Nasi ulam menjadi salah satu makanan khas Betawi yang masih menjadi pilihan favorit banyak orang. Hidangan nasi yang dicampur berbagai bumbu dan rempah. Nasi ulam is a traditional Betawi and Malay dish of steamed rice (nasi) served with various herbs and vegetables (ulam), commonly found in Indonesian and Malaysian cuisines.

Nasi Ulam Betawi ๐Ÿ› Serundeng kelapa dan semur tahu biasanya jadi lauk yang tak bisa dilewatkan. Nasi ulam yang khas sebagai kuliner di Betawi memiliki citarasa yang gurih dari tambahan serundeng yaitu kelapa sangrai. Nasi ulam di Betawi dapat dibedakan menjadi dua yaitu nasi ulam berkuah dan nasi ulam kering/tidak berkuah. Kamu bisa membuat Nasi Ulam Betawi ๐Ÿ› using 22 bahan dan cara membuat 7. Berikut ini adalah cara meresep dengan praktis.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Nasi Ulam Betawi ๐Ÿ›

  1. Campurkan dari Bahan Utama.
  2. Tambahkan 1/2 liter dari Beras.
  3. Campurkan dari Kelapa parut.
  4. Tambahkan dari Air.
  5. Tambahkan secukupnya dari Garam.
  6. Campurkan 1 batang dari serai.
  7. Persiapkan 2 lembar dari daun salam.
  8. Campurkan 1 lembar dari daun pandan.
  9. Campurkan secukupnya dari Minyak sayur.
  10. Campurkan dari Bumbu dasar.
  11. Persiapkan 3 buah dari cabai merah.
  12. Persiapkan 3 siung dari bawang merah.
  13. Tambahkan 2 siung dari bawang putih.
  14. Tambahkan 1 sdt dari gula merah.
  15. Tambahkan 1/4 dari terasi.
  16. Tambahkan dari Pelengkap.
  17. Tambahkan 2 butir dari telur dadar.
  18. Campurkan 1/4 papan dari tempe orek.
  19. Tambahkan 1 buah dari mentimun.
  20. Tambahkan 1 buah dari tomat.
  21. Campurkan dari Daun kemangi.
  22. Tambahkan Irisan dari cabai merah.

Meskipun nasi ulam sendiri merupakan khazanah hidangan Melayu. Nasi ulam adalah hidangan nasi yang dicampur berbagai bumbu dan rempah, khususnya daun pegagan (Centella asiatica) atau kadang diganti daun kemangi, sayuran, dan berbagai bumbu, serta ditemani beberapa macam lauk-pauk. Resep Nasi Ulam Betawi – Versi Wikipedia, nasi ulam adalah hidangan nasi yang dicampur berbagai bumbu dan rempah, khususnya daun pegagan (centella asiatica) atau kadang diganti dengan daun kemangi, sayuran dan berbagai bumbu, serta ditemani beberapa macam lauk pauk. Biasanya nasi ulam khas Betawi didampingi lauk seperti campuran sambal, daun kemangi , kacang tumbuk dan tidak lupa serundeng.

Langkah Langkah Membuat Nasi Ulam Betawi ๐Ÿ›

  1. Cuci bersih beras kemudian masak bersama air, garam, batang sehari, daun salam dan daun pandan hingga menjadi nasi arab kemudian angkat..
  2. Kurus nasi aron di dalam dandan hingga matang, kemudian angkat..
  3. Panaskan sedikit minyak sayur, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya (bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, gula merah).
  4. Masukkan kelapa parut, aduk rata hingga matang dan setengah kering..
  5. Tiriskan nasi di dalam wadah, keluarkan batang serai, daun salam dan daun pandan..
  6. Campurkan nasi dengan kelapa yang sudah matang di dalam wadah dan aduk rata..
  7. Hidangkan nasi dengan pelengkapnya (irisan telur dadar, tempe orek, irisan cabai, irisan tomat, irisan mentimun dan daun kemangi).

Anda pun dapat memilih tambahan lauk sesuai dengan selera Anda. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan dan langkah membuatnya. resep nasi ulam betawi, semoga enak dan yang penting keluarga jadi tambah sayang. Nasi ulam, kini menjadi salah satu menu kuliner khas Betawi yang jarang kita temui. Nasi ulam memiliki dua jenis macam yaitu nasi ulam kering dan nasi ulam kuah. Nasi ulam ini merupakan makanan yang sudah banyak terkenal dimana-mana meskipun makanan ini berasal dari daerah betawi.